Cara menjaga rumah tetap sejuk hemat energi

August 10, 2021 By admin 0

Cara menjaga rumah tetap sejuk tanpa menaikkan tagihan listrik Anda:

Pantulkan sinar matahari masuk ke rumah

Sebagian besar panas masuk ke rumah Anda melalui jendela rumah. Semakin banyak jendela maka semakin banyak cahaya panas yang akan masuk. Anda dapat menggunakan tirai jendela rumah yang tebal untuk memcegah agar cahaya tersebut tidak masuk ke dalam rumah. Gunakanlah tirai dengan warna yang lebih terang agar Anda dapat sekaligus memantulkan cahaya masuk ke rumah sehingga dapat mengurangi suhu di ruangan.

Biarkan udara dingin masuk

Sebaliknya bagi Anda yang tinggal di daerah pegunungan, di mana udara dingin sangat dominan dibandingkan paparan cahaya matahari, penting untuk membiarkan udara masuk lewat jendela. Atau jika pada siang hari Anda mencegah paparan cahaya matahari masuk ke rumah, pada malam hari lakukan hal sebaliknya. Buka dan biarkan hawa dingin masuk ke rumah Anda. Hawa panas yang masih membekas karena paparan sinar matahari siang hari, akan tergantikan oleh udara segar malam hari. Dengan membuka jendela, mencegah udara pengap yang biasanya membuat Anda gerah dan berkeringat.

Pasang kipas angin

Kipas adalah cara terbaik untuk meningkatkan aliran udara, yang penting untuk mendinginkan rumah Anda secara efisien. Kipas langit-langit sangat bagus untuk mencampur udara di rumah, dan benar-benar dapat membantu kinerja AC. Pastikan untuk mengaturnya berlawanan arah jarum jam, yang akan memaksa udara keluar daripada menyedotnya. Kipas angin yang dipasang di loteng juga bagus untuk menciptakan udara dan memaksa udara yang lebih hangat keluar rumah. Sementara kipas angin berdiri bagus untuk membantu udara berpindah dari ruangan ke ruangan.

Pastikan jendela dan pintu rumah rapat saat ditutup

Selanjutnya Anda harus dapat memastikan bahwa sela-sela jendela dan pintu rumah Anda berfungsi secara normal dan dapat tertutup dengan rapat. Keduanya akses masuknya udara tersebut sangat penting terutama untuk mencegah hawa panas masuk saat tidak dibutuhkan. Selain itu, sela-sela yang dapat ditutup dengan rapat ini memastikan bahwa AC di ruangan Anda dapat bekerja maksimal memberikan udara yang sejuk. Selain pintu dan jendela, periksa juga sela-sela bagian ruangan lainnya seperti langit-langit atau atap rumah.

Hindari peralatan rumah yang menghasilkan panas

Anda tentu tahu bahwa banyak peralatan rumah tangga yang mengeluarkan hawa panas saat digunakan. Hindari penggunaan mesin pencuci piring, mesin cuci, dan pengering, selama musim panas atau pada siang hari. Jika memungkinkan, coba gunakan pada malam hari, saat suhu mulai turun. Pikirkan tentang mematikan komputer dan TV saat tidak digunakan, mencegahnya mengeluarkan panas yang tidak perlu. Saat Anda mandi, biarkan kipas kamar mandi bekerja sedikit lebih lama dari biasanya untuk membantu mengusir udara hangat. Jangan khawatir, kipas angin standar ini menggunakan listrik dalam jumlah minimal.